Saturday, January 29, 2011

Makanan Beracun dimana-mana

Efek beruntun dari ketidak beresan pegawai pemerintah adalah dalam menangani produk makanan minuman yang beredar di masyarakat .. Banyaknya makanan beracun,exipred dan tidak halal ramai menyerbu pasar bahkan mall dengan harga mahal ..
Bagaimana cara mengidentifikasi makanan minuman tersebut beikut adalah tabelnya..


Jenis pengertian Jenis Makanan Akibat Ciri Gambar
Formalin  adalah larutan Formaldehida (30-40%) dalam air dan merupakan anggota paling sederhana dengan rumus kimia HCHO, formalin merupakan anti septic untuk membunuhbakteri kapang.

Terutama digunakan untuk melakukan sterilisasi terhadap peralatankedokteran atau dalam proses pengawetan mayat dan spesimen biologi lainnya.
mie basah, bakso, tahu, ayam potong, ikan Formalin dan Borak dalam jangka waktu 5-10 tahun akan menimbulkan penyakit kanker hati bagi yang sering mengkonsumsi;  ketahanan simpan jauh lebih lama dibanding yang tidak memakai formalin. Rata-rata bisa disimpan diatas 2 sampai 4 hari. Ayam potong dan ikan akan tampak mengkilat pada kulitnya, kaku dan lalatpun tidak ada yang mau mendekati.
Borak  Merupakan senyawa kimia dengan warna Natrium Hidroksida serta asam borat. Borat biasanya digunakan oleh industri farmasi sebagai ramuan obat misalnnya salep,bedak, larutan kompres, obat oles mulut, obat pencuci mata dls. Secara lokal borak dikenal sebagai "bleng" (berbentuk larutan atau padatan kristal) pembuatan mie basah,lontong dan bakso, krupuk dls Formalin dan Borak dalam jangka waktu 5-10 tahun akan menimbulkan penyakit kanker hati bagi yang sering mengkonsumsi; terasa sangat kenyal, krupuk menjadi sangat renyah
Bahan Pewarna Rhodamin B untuk warna merah dan Metanil Yellow untuk warna kuning  merupakan zat pewarna sintetis yang dilarang untuk produk makanan karena dalam bahan tersebut mengandung residu logam berat yang sanat membahayakan bagi kesehatan. Rhodamin B adalah bahan untuk pewarna di industri tekstik dan kertas. Rhodamin B berasal dari metalinilat dan dipanel alanin dan sangat mudah larut dalam alkohol.

Berdasarkan kriteria organisasi kesehatan dunia (WHO), Metanil Yellow memiliki tingkat keracunan tingkat 3 (tiga
Biasanya Rhodamin B disalahgunakan untuk pewarna sirup, limun, es mambo, bakpau, es cendol, es kelapa, permen dls. Sedangkan Metanil Yellow untuk sirup, pisang goreng, manisan mangga/kedongdong penelitian pada tikus yang diberi Rhodamin B dan Metanil Yellow selama 1 minggu berturut-turut menunjukkan adanya peningkatan pembesaran oragan berat hati, ginjal dan limpa. Pemberian Rhodamin B dan Metanil Yellow sekaligus dapat menyebabkan kanker. mempunyai warna yang sangat menyolok (menggugah selera).
Pewarna Ponceau 3R, Ponceau Sx dan Amarath  pembuatan sirup limun, saus, manisan, kue basah,es mambo, es cendol, es kelapa.
Babi Mie - Bakso Cacing Pita warna lebih merah dari daging ayam
Tikus Mie - Bakso Kuman Bakteri Perbadaannnya

1.Dari segi daging, sama-sama putih dan rasanya benar-benar mirip, tapi daging tikus lebih banyak lemaknya dan seratnya halus (kalo ayam sedikit lebih kasar

2. Periksa kulitnya, apakah berpori besar atau kecil. Kalau kecil, kemungkinan yang pernah tumbuh adalah rambut, bukan bulu!

3.  Cek tulangnya (agak susah ya kalo ini), misal bagian dada ya ada si tulang rawan, kalo di paha ya tulang paha yang besar itu, kalo punggung ya tulang rusuk, dan sebagainya.

4. Perbedaan dengan ayam, jika kulit di koyak maka akan terlihat lemak2 yang tidak jelas jika itu adalah daging tikus.

5. Terpenting Perhatikan baik-baik seratnya, Daging ayam struktur dagingnya berbentuk seperti serat sementara daging tikus struktrur dagingnya menyerupai busa (spons) , jadinya seperti ada bulatan-bulatan kecil pada daging tersebut.
Cat Tembok adalah larutan yang digunakan cat Telur Asin keracunan dan kematian
1. Cek apakah ada bercak, periksa tepung pembalutnya
2. Isi yang asli kuning telurnya kemerahan sedangkan yg palsu kuning keputihan karen dari telur ayam.

1 comment:

Untuk komentar yang tidak sopan akan langsung dihapus oleh moderator