Thursday, July 9, 2015

Sholat Kafarot / Pengganti, adakah?

Jumat 23 Romadhon 1436 H,

Tiba Di Sosial Media Group ex Alumnus SLTP 9 Surabaya tahun 97an berdenting , setelah dilihat Ada salah Satu Teman Mengajak Sholat Kafarot atau Sholat Pengganti untuk sholat fardhu yang pernah ditinggalkan.

Kalau Dipikir lebih mendalam, kalaupun ada pasti enak ya bisa mengganti sholat 100 tahun dengan 4 rokaat di akhir Jumat Bulan Romadhon.

Berikut adalah penjelasan detil mengenai tanggapan ahli kitab dan para ulama hadist:



1`. Hadistriwayat Dzahabi dan kitab AhaditsMukhtarah:

ﺃﺑﻮﻋﺎﺻﻢﺛﻨﺎﺍﻷﻭﺯﺍﻋﻲﻋﻦﻳﺤﻴﻰﻋﻦﺃﺑﻲﺳﻠﻤﺔﻋﻦﺃﻡﺳﻠﻤﺔﻗﺎﻟﺖﺩﺧﻞﺷﺎﺏﻓﻘﺎﻝﻳﺎﺭﺳﻮﻝﺍﻟﻠﻪﺇﻧﻲﺃﺿﻌﺖﺻﻼﺗﻲﻓﻤﺎﺣﻴﻠﺘﻲﻗﺎﻝﺣﻴﻠﺘﻚﺑﻌﺪﻣﺎﺗﺒﺖﺃﻥﺗﺼﻠﻲﻟﻴﻠﺔﺍﻟﺠﻤﻌﺔﺛﻤﺎﻥﺭﻛﻌﺎﺕﺗﻘﺮﺃﻓﻲﻛﻞﺭﻛﻌﺔﺧﻤﺴﺔﻭﻋﺸﺮﻳﻦﻣﺮﺓ) ﻗﻞﻫﻮﺍﻟﻠﻪﺃﺣﺪ( ﻓﺈﺫﺍﻓﺮﻏﺖﻓﻘﻞﺃﻟﻒﻣﺮﺓﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻰﻣﺤﻤﺪﻓﺈﻥﺫﻟﻚﻛﻔﺎﺭﺓﻟﻚﻭﻟﻮﺗﺮﻛﺖﺻﻼﺓﻣﺎﺋﺘﻲﺳﻨﺔﻭﻛﺘﺐﻟﻚﺑﻜﻞﺭﻛﻌﺔﻋﺒﺎﺩﺓﺳﻨﺔﻭﻣﺪﻳﻨﺔﻓﻲﺍﻟﺠﻨﺔﻭﺑﻜﻞﺁﻳﺔﺃﻟﻒﺣﻮﺭﺍﺀﻭﺗﺮﺍﻧﻲﻓﻲﺍﻟﻤﻨﺎﻡﻥﻟﻴﻠﺘﻪﺍﻟﺤﺪﻳﺚﻭﻫﻜﺬﺍﻓﻠﻴﻜﻦﺍﻟﺤﺪﻳﺚﺍﻟﻤﻮﺿﻮﻉ) 8 ﺃ( ﻭﺇﻻﻓﻼ.ﺃﺣﺎﺩﻳﺚﻣﺨﺘﺎﺭﺓﺝ1:ﺹ107:

"Dari Ummi Salamah: datang seorang pemuda kepadaRasulullah bertanya "Wahai Rasulullah s.a.w. aku telah menelantarkansholatku, apa yang dapat aku lakukan?". Rasulullah s.a.w. menjawab"Hendaknya kamu sholat pada malam Jumat 8 rakaat, setiap rakaat membacaQul Huallaahu Ahad sebanyak 25x, lalu setelah sholat bacalah Shallallahu AlaMuhammad sebanyak 1000x, maka itu akan menebus sholat-sholatmu yang kautinggalkan walaupun 200 tahun dan Allah akan mencatat setiap rakaatnya sepertiibadah setahun dan menjanjikan sorga, dan setiap ayat 1000 bidadari dan akanmelihatku dalam mimpi pada malam itu". 
Dzahabi mengatakan ini hadistmaudlu.

2. Kanawi dalam kitab Athaar Marfuuah fil Akhbar al-maudlu'ah meriwayatkan hadist tentang qadla tahunan pada bulan Ramadhan. 

ﻣﻦﻗﻀﻰﺻﻠﻮﺍﺕﻣﻦﺣﺪﻳﺚﺍﻟﻔﺮﺍﺋﺾﻓﻲﺃﺧﺮﺟﻤﻌﺔﻣﻦﺭﻣﻀﺎﻥﻛﺎﻥﺫﻟﻚﺟﺎﺑﺮﺍﻟﻜﻞﺻﻼﺓﻓﺎﺋﺘﺔﻣﻦﻋﻤﺮﻩﺇﻟﻰﺳﺒﻌﻴﻦﺳﻨﺔ

"Barang siapa mengqadla sholat- sholat fardlu yangditinggalkannyapada Jumat terakhir bulan Ramadhan, maka itu menjadi penebusdari sholat- sholat yang ditinggalkannya selama hidupnya hingga 70tahun" 
Kunawi lalu menegaskan: Ali al- Qari dalam kitab Maudlu'atShughra dan Kubra mengatakan ini hadist batal secara pasti sebab bertentangandengan ijma' (konsensus) bahwa satu ibadah tidak akan bisa menggantiibadah-ibadah lain yang lewat, apalagi sampai bertahun-tahun. Hadisttersebut dirwayatkan oleh pensyarah kitan Nihayah, mereka itu bukan ahli hadistmaka meraka juga tidak menyebutkan sanadnya yang lengkap. Imam Dahlawimengatakan dalam kitabnya Ujalah Nafi'ah, menyebutkan bahwa hadist qadlatahunan ini bertentangan dengan hukum syariat.

3. Imam Shaukani dalam kitab al- Fawaid al-Majmu'ah filAhadits al- Maudlu'ah 
mengatakan: Hadits (artinya) Barangsiapa sholat di Jumatterakhir bulan Ramadhan lima sholat fardlu selama sehari semalam, maka ia telahmengqadla semua sholat yang ditinggalkannya selama setahun,
ini maudlu'tidak maragukan lagi. Saya tidak menemukan dalam kitab-kitab hadist maudlu'tapi ini populer di kalangan ulama-ulama kota San'a pada masa ini, maka banyakyang melakukannya. Saya tidak tahu siapa yang pertama kali membuat hadistmaudlu' ini, mudah-mudahan Allah memburukkan orang- orang pemalsu hadits

4. Dalam kitab Fatawa Syabakah al-Islamiyah, nomor fatwa:64749 disebutkan, yaitu:

ﺻﻼﺓﻓﻲﻋﻤﺮﻩﻋﻦﺭﺳﻮﻝﺍﻟﻠﻪﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻴﻪﻭﺳﻠﻢﺃﻧﻪﻗﺎﻝ:ﻣﻦﻓﺎﺗﺘﻪﺻﻼﺓﻓﻲﻋﻤﺮﻩﻭﻟﻢﻳﺤﺼﻬﺎ،ﻓﻠﻴﻘﻢﻓﻲﺁﺧﺮﺟﻤﻌﺔﻣﻦﺭﻣﻀﺎﻥﻭﻳﺼﻠﻲﺃﺭﺑﻊﺭﻛﻌﺎﺕﺑﺘﺸﻬﺪﻭﺍﺣﺪ،ﻳﻘﺮﺃﻓﻲﻛﻞﺭﻛﻌﺔﻓﺎﺗﺤﺔﺍﻟﻜﺘﺎﺏﻭﺳﻮﺭﺓﺍﻟﻘﺪﺭ15 ﻣﺮﺓﻭﺳﻮﺭﺓﺍﻟﻜﻮﺛﺮﻛﺬﻟﻚ،ﻭﻳﻘﻮﻝﻓﻲﺍﻟﻨﻴﺔﻧﻮﻳﺖﺃﻥﺃﺻﻠﻲﺃﺭﺑﻊﺭﻛﻌﺎﺕﻛﻔﺎﺭﺓﻟﻤﺎﻓﺎﺗﻨﻲﻣﻦﺍﻟﺼﻼﺓ،ﻭﻗﺎﻝﺃﺑﻮﺑﻜﺮﺳﻤﻌﺖﺭﺳﻮﻝﺍﻟﻠﻪﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻴﻪﻭﺳﻠﻢﻳﻘﻮﻝ:ﻫﻲﻛﻔﺎﺭﺓﺃﺭﺑﻌﻤﺎﺋﺔﺳﻨﺔ،ﺣﺘﻰﻗﺎﻝﻋﻠﻲﻛﺮﻡﺍﻟﻠﻪﻭﺟﻬﻪﻫﻲﻛﻔﺎﺭﺓﺃﻟﻒﺳﻨﺔ،ﻗﺎﻟﻮﺍ:ﻳﺎﺭﺳﻮﻝﺍﻟﻠﻪ،ﺍﺑﻦﺁﺩﻡﻳﻌﻴﺶﺳﺘﻴﻦﺳﻨﺔﺃﻭﻣﺎﺋﺔﺳﻨﺔ،ﻓﻠﻤﻦﺗﻜﻮﻥﺍﻟﺼﻼﺓﺍﻟﺰﺍﺋﺪﺓ؟ﻗﺎﻝ:ﺗﻜﻮﻥﻷﺑﻮﻳﻪﻭﺯﻭﺟﺘﻪﻭﺃﻭﻻﺩﻩﻓﺄﻗﺎﺭﺑﻪﻭﺃﻫﻞﺍﻟﺒﻠﺪ،ﻓﺈﺫﺍﻓﺮﻍﻣﻦﺍﻟﺼﻼﺓﺻﻠﻰﻋﻠﻰﺍﻟﻨﺒﻲﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻴﻪﻭﺳﻠﻢﻣﺎﺋﺔﻣﺮﺓﺑﺄﻱﺻﻴﻐﺔﻛﺎﻧﺖﺛﻢﻳﺪﻋﻮﺑﻬﺬﺍﺍﻟﺪﻋﺎﺀﺛﻼﺙﻣﺮﺍﺕﻭﻫﻮﻫﺬﺍ:ﺍﻟﻠﻬﻢﻳﺎﻣﻦﻻﺗﻨﻔﻌﻚﻃﺎﻋﺘﻲﻭﻻﺗﻀﺮﻙﻣﻌﺼﻴﺘﻲ،ﺗﻘﺒﻞﻣﻨﻲﻣﺎﻻﻳﻨﻔﻌﻚﻭﺍﻏﻔﺮﻟﻲﻣﺎﻻﻳﻀﺮﻙﻳﺎﻣﻦﺇﺫﺍﺃﻭﻋﺪﻭﻓﻰﻭﺇﺫﺍﺗﻮﻋﺪﺗﺠﺎﻭﺯﻭﻋﻔﺎ،ﺃﻏﻔﺮﻟﻌﺒﺪﻇﻠﻢﻧﻔﺴﻪ،ﻭﺃﺳﺄﻟﻚﺍﻟﻠﻬﻢﺇﻧﻲﺃﻋﻮﺫﺑﻚﻣﻦﺑﻄﺮﺍﻟﻐﻨﻰﻭﺟﻬﺪﺍﻟﻔﻘﺮﺇﻟﻬﻲﺧﻠﻘﺘﻨﻲﻭﻟﻢﺃﻙﺷﻴﺌﺎًﻭﺭﺯﻗﺘﻨﻲﻭﻟﻢﺃﻙﺷﻴﺌﺎً،ﻣﺎﻭﺍﺭﺗﻜﺒﺖﺍﻟﻤﻌﺎﺻﻲﻓﺈﻧﻲﻣﻘﺮﻟﻚﺑﺬﻧﻮﺑﻲﻓﺈﻥﻋﻔﻮﺕﻋﻨﻲﻓﻼﻳﻨﻘﺺﻣﻠﻚﺷﻴﺌﺎًﻭﺇﻥﻋﺬﺑﺘﻨﻲﻓﻼﻳﺰﻳﺪﻓﻲﺳﻠﻄﺎﻧﻚﺷﻴﺌﺎً،ﺇﻟﻬﻲﺃﻧﺖﺗﺠﺪﻣﻦﺗﻌﺬﺑﻪﻏﻴﺮﻱﻭﺃﻧﺎﻻﺃﺟﺪﻣﻦﻳﺮﺣﻤﻨﻲﻏﻴﺮﻙ،ﺍﻏﻔﺮﻟﻲﻣﺎﺑﻴﻨﻲﻭﺑﻴﻨﻚﻭﺍﻏﻔﺮﻟﻲﻣﺎﺑﻴﻨﻲﻭﺑﻴﻦﺧﻠﻘﻚﻳﺎﺃﺭﺣﻢﺍﻟﺮﺣﻤﻴﻦ،ﻭﻳﺎﺭﺟﺎﺀﺍﻟﺴﺎﺋﻠﻴﻦﻭﻳﺎﺃﻣﺎﻥﺍﻟﺨﺎﺋﻔﻴﻦﺍﺭﺣﻤﻨﻲﺑﺮﺣﻤﺘﻚﺍﻟﻮﺍﺳﻌﺔﺃﻧﺖﺃﺭﺣﻢﺍﻟﺮﺍﺣﻤﻴﻦﻳﺎﺭﺏﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ،ﺍﻟﻠﻬﻢﺍﻏﻔﺮﻟﻠﻤﺆﻣﻨﻴﻦﻭﺍﻟﻤﺆﻣﻨﺎﺕﻭﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦﻭﺍﻟﻤﺴﻠﻤﺎﺕﻭﺗﺎﺑﻊﺑﻴﻨﻨﺎﻭﺑﻴﻨﻬﻢﺑﺎﻟﺨﻴﺮﺍﺕ،ﺭﺏﺍﻏﻔﺮﻭﺍﺭﺣﻢﻭﺃﻧﺖﺧﻴﺮﺍﻟﺮﺍﺣﻤﻴﻦﻭﺻﻠﻰﺍﻟﻠﻪﻋﻠﻰﺳﻴﺪﻧﺎﻣﺤﻤﺪﻭﻋﻠﻰﺁﻟﻪﻭﺻﺤﺒﻪﻭﺳﻠﻢﺗﺴﻠﻴﻤﺎًﻛﺜﻴﺮﺍًﺁﻣﻴﻦ.ﻭﺑﺎﻟﻠﻪﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ؟

Mayoritas ulama yang mengkaji masalah ﺍﻟﻘﻀﺎﺀﺍﻟﻌﻤﺮﻱatau qadla seumur hidup mengambil kesimpulan bahwa hadist tentang itupalsu karena bertentangan dengan ketentuan syariat mengenai masalah qadla dantidak diriwayatkan dalam kitab-kitab hadist populer. Indikasi kedua adalahkarena hadist tadi mengandung unsur- unsur berlebih-lebiha n yang tidakmasuk akal. Hadist tersebut juga merangsang orang meninggalkan sholat secarasengaja karena mereka dapat beranggapan dengan melakukan sholat sekali sebanyak4 rakaat saja dapat menghapus semua dosa meninggalkan sholat. Al-Dimasyqi dalamkitab al- Manaarul Muniif fis Sahih wal Dlaif menyebutkan bahwa di antara tanda-tandahadist dlaif, adalah hadist tersebut menyebutkan imbalan pahala yang berlebihanatas amal yang kecil atau menyebutkan siksa yang berlebihan atas kesalahan dandosa kecil. Kalau kita amati isi hadist yang ada dalam selebaran tersebut, makatermasuk dalam ketegori ini. Pengkultusan Jumat terakhir bulan Ramadhanternyata juga didapati pada sebagian besar masyarakat muslimPakistan. Mereka menyebutnya Jumah Wida' atau Jumat terkhir bulanRamadhan. Biasanya pada Jumat itu masyarakat berbondong- bondong ke masjiduntuk sholat Jumat Wida dan ikut berdoa bersama imam. Masjid-masjid yangbiasanya tidak penuh jamaah, maka pada Jumat Wida' dipenuhi oleh jamaah.

1 comment:

  1. umat muslim selalu sholat demi mencapai kebahagiaan dan kedekatan kepada Tuhan, semoga ibadahnya lancar
    domino 99 | domino99 online

    ReplyDelete

Untuk komentar yang tidak sopan akan langsung dihapus oleh moderator